RUTH’S LOVE STORY

TGL. 13 Mei 2012

Oleh: HERY SUSANTO, M.Th.

Ruth’s Love Story

Pada hari ini kita melakukan doa puasa dan secara khusus memperingati Mother’s Day sehingga sangat tepat jika kita belajar kisah perjalanan hidup Ruth.

Di dalam kehidupan orang Yahudi, kitab Ruth menduduki posisi penting kedua karena selalu dibacakan  kisahnya ketika ada perayaan Pentakosta.  Pentakosta di dalam Perjanjian Lama memiliki arti yang berbeda dengan Perjanjian Baru, di mana pada waktu itu orang-orang Yahudi merayakan tahun Yobel atau kelepasan. Mereka mendapatkan penebus shingga mereka menjadi orang yang merdeka kembali, hutang piutang dihapuskan dan tanah milik mereka dikembalikan kepada pemilik semula.

Apa hubungannya dengan kisah Ruth?

Ruth menjadi sebuah kisah yang menarik karena perjuangan Ruth untuk mendapatkan penebus. Boas sebagai seorang kerabat keluarga Naomi bertanggungjawab atas kehidupan Naomi dan Ruth sehingga ia melakukan segala cara untuk mendapatkan Ruth dan membebaskan mereka.  Uniknya adalah di tengah situasi tersebut muncullah cinta di antara mereka berdua yang kemudian menghasilkan keturunan dan generasi Raja.

Apa kaitannya dengan kita?

Hal yang menarik dengan kisah Ruth adalah kita temukan lima unsur CINTA.

  1. Confirmacy -Comitment (1:7-17)

Kesediaan Ruth untuk ikut dengan Naomi adalah sebuah keputusan besar yang mengubah hidupnya. Ia diperhitungkan dalam Matius sebagai salah satu wanita yang mengambil bagian dalam  silsilah Yesus (selain Tamar dan Rahab).  Sekalipun ia berasal dari bangsa yang non Yahudi tetapi ia sangat spesial di mata orang Yahudi.

Renungkanlah: Apakah anda mulai pelayanan anda dengan komitmen yang sungguh-sungguh beresiko? Masa depan gak jelas, gak masalah kalau anda yakin dengan keputusan Anda, Tuhan akan menjadikannya berhasil, dan indah pada waktunya.

 

  1. Intimacy (1:21-22)

Jeritan hati Naomi atas hidupnya ketika ia pergi dengan tangan penuh dan pulang dengan tangan kosong.  Ruth turut mendampingi Naomi mertuanya dengan setia. Kedekatan hubungan ini menjadi kekuatan yang mempererat  kasih sayang mereka. Naomi berusaha menolong Ruth dan demikian sebaliknya. Hubungan yang erat sebagai tanda cinta kasih yang tulus di tengah kekosongan hidup mereka.

Renungkanlah: Apakah anda pernah alami kegagalan dalam hidup? Pasti.  Apakah anda peduli dengan orang-orang yang memerlukan perhatian khusus seperti Naomi dan Ruth yang setia melangkah setapak demi setapak  menyusuri jalan hidup yang terjal menuju keberhasilan.

 

  1. Nurturing  (2:8-10)

Perjumpaan Ruth dan Boaz dimulai dengan perhatian khusus yang diberikan Boaz kepada Ruth sehingga Ruth tidak lagi perlu mengambil sisa-sisa gandum, tetapi mendapat pemeliharaan dari Boaz. Bahkan Boaz mengatakan agar tidak ada laki-laki lain yang mengganggu dia. Cinta yang berkembang menjadi sebuah perlindungan dan pertolongan.

Renungkanlah: Pernahkah anda melakukan hal yang dapat memelihara cinta anda? Perhatian, perlindungan, pertolongan, posesif. Bagaimana dengan cinta Anda kepada Tuhan….. apakah sudah anda sirami, apakah anda berani berlindung dalam nama Allah, dan mau membela Dia demi cinta anda?

 

  1. Thankful (4:14)

Ucapan syukur atas cinta yang diperoleh dan menjadi saksi yang indah karena kisah Ruth berakhir dengan happy ending, sebagaimana cerita-cerita rakyat biasanya berakhir dengan kebahagiaan.  Ucapan syukur disampaikan kepada Tuhan dengan memuji Dia, karena menyadari bahwa pert olongan yang sesungguhnya berasal dari Tuhan, Sang Penebus yang rela berkorban demi orang yang dikasihinya.

Renungkanlah: Apakah anda memuliakan Dia yang sudah memberikan orang-orang yang mengasihi Anda.  Apakah Anda juga memuji Dia untuk orang-orang yang anda kasihi? Hidup menjadi lebih indah karena Tuhan memberikan cinta kepada kita. Hidup menjadi kering kalau anda tidak mengasihi orang lain.

 

  1. Amazing (4:18-22)

Keturunan Ruth dan Boaz diperhitungkan sebagai akar silsilah Yesus. Kisah kasih mereka berdampak melalui era mereka. Tuhan memelihara cinta kasih mereka kekal.

Renungkanlah: Apa yang anda putuskan dan bangun sekarang akan memberikan dampak kepada masa depan. Barangkali anda berpikir bahwa cinta hanya masalah anda dan orang yang anda kasihi, tetapi terny ata Tuhan mengubahnya menjadi amazing… berkat anak cucu disediakan dan masa depan di dalam kendali Tuhan.

Mari kita membina hidup kita yang dipenuhi oleh Cinta.  Cinta akan membuat hidup menjadi indah. Cinta mengubah dunia. Apa yang anda lakukan dalam pelayanan saudara jika karena anda  peduli dan mengasihi mereka, sekalipun saat ini saudara tidak melihat dampaknya, Tuhan akan mengubah menjadi luar biasa.

Selamat menemukan cintamu!

About STTJKI

SUCI, IMAN, AKADEMIS, PRAKTIS

Posted on July 17, 2012, in REFLEKSI. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: